7 Tips Merawat Boneka Kain Dengan Baik Agar Tetap Awet

7 Tips Merawat Boneka Kain Dengan Baik Agar Tetap Awet

Masa kini boneka banyak digemari oleh banyak orang mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai lansia. Mereka hanya bisa bermain dan menyimpannya tanpa memikirkan perawatan boneka. Meskipun boneka yang harganya murah sampai yang mahal juga tidak akan awet jika tidak dirawat. Maka dari itu, merawat boneka kain bukankah hal yang sulit, asalkan Anda mengerti cara merawat boneka dengan benar. Berikut beberapa cara merawat boneka dengan baik agar awet. 

  • Jauhkan Dari Sinar Matahari

Paparan sinar matahari akan lebih cepat menggelapkan warna boneka. Boneka Anda akan lebih cepat pudar jika terkena sinar matahari. Jadi, alangkah baiknya jika Anda menjauhkan boneka kesayangan Anda dari sinar matahari langsung. Hanya saja, jangan langsung mengenainya, meskipun terkena sinar matahari. Misalnya, jika Anda meletakkannya di dalam ruangan, tentu saja akan ada sinar matahari yang masuk melalui jendela dan memaparkan boneka Anda, itu masih wajar. Anda juga bisa memasukkannya ke dalam mobil sebagai pajangan. Biasanya boneka diletakkan di depan atau di belakang dashboard yang juga relatif aman karena boneka tidak akan terkena sinar matahari langsung.

  • Cuci Secara Teratur

Anda tidak harus mencuci boneka setiap harinya. Namun, jika boneka yang seluruhnya terbuat dari kain, Anda perlu menjadwalkan waktu untuk mencucinya. Seperti perawatan kain lainnya, jika ingin selalu bersih, Anda perlu mencucinya secara rutin. Atau bisa mencuci boneka selama sekali atau dua kali dalam seminggu. Karena itu bisa membersihkan debu yang menempel serta menumpuk di boneka Anda, sehingga tidak mudah mengkerut dan menghitam. Jadi, cuci boneka Anda secara tepat agar boneka dapat tahan lama.

  • Hindari Penumpukan Debu Pada Boneka

Debu pastinya akan menempel pada boneka walaupun Anda meletakkannya dimana saja. Nah jika Anda meninggalkannya dan Anda tidak pernah mencuci boneka itu maka akan lebih cepat menguningnya warna kain boneka. Hal tersebut bisa terjadi karena akumulasi debu terus menumpuk tebal, menjadi semakin sulit untuk dibersihkan. Jika Anda menyimpan boneka dalam kotak pajangan yang tertutup, pastikan untuk membersihkannya secara teratur setiap hari. Hal tersebut hanya akan menjaga boneka tetap bersih dan tidak rentan terhadap penggelapan dan pewarnaan.

  • Hindarkan Boneka Dengan Hewan Peliharaan

Jika dipikir-pikir, terlihat lucu ketika membiarkan hewan peliharaan Anda bermain dengan boneka Anda. Misalnya, biarkan kucing Anda bermain bersama boneka itu. Sayangnya, hewan peliharaan mungkin dapat menjadi alasan boneka Anda paling rentan rusak. Memang, hewan peliharaan Anda menganggap boneka kain sebagai mainan paling menyenangkan. Jika ukuran boneka Anda kecil itu akan terlihat seperti mainan yang lucu bagi hewan peliharaan Anda, seperti kucing yang lincah bisa menerkam atau menggigit boneka yang dapat menyebabkan robek. Jadi akan lebih baik jika Anda melindungi boneka itu seaman mungkin, agar tidak terjadi hal-hal yang kurang baik. Cobalah untuk menjauhkan dari jangkauan hewan peliharaan.

  • Simpan Boneka Dilemari Kaca Yang Tertutup

Jika Anda memiliki boneka yang hanya untuk koleksi Anda, sebaiknya simpan di lemari terpisah. Misalnya, Anda menggunakan lemari yang terbuat dari kaca dan tertutup. Ini bagus untuk boneka Anda. Lemari kaca tertutup menjaganya aman dari debu, hewan peliharaan, dan Anda masih bisa melihatnya dari pintu kaca. Tetapi, jika Anda meletakkannya di meja belajar ataupun tempat tidur juga tidak masalah.

  • Hindarkan Boneka Dari Jangkauan Asap Rokok

Boneka dan pakaiannya mudah menyerap bau dari asap rokok. Selain itu, aromanya unik dan kuat. Ketika baunya tertinggal di boneka Anda, sulit untuk dihilangkan. Mungkin sebagian dari Anda tidak menyangka hal ini akan terjadi. Karena bahan kimia yang ada dalam asap rokok juga bisa menyebabkan kerusakan pada boneka dan pakaiannya. Alangkah baiknya jangan merokok didekat boneka karena itu bagus untuk boneka Anda.

  • Jangan Simpan Boneka Dalam Plastik Yang Rapat

Anda akan sering ingin memamerkan koleksi boneka Anda daripada menjadikannya teman Anda di tempat tidur. Jika ingin melihat boneka Anda, sebaiknya jangan dibungkus di plastik yang kedap udara. Mungkin Anda berencana untuk menjaga dan merawat boneka Anda dengan cara menyimpannya serapi mungkin. Jadi Anda memasukkannya ke dalam kotak boneka plastik atau kardus yang sangat tertutup rapat. Namun, Anda tidak disarankan melakukan ini untuk menyimpan boneka. Sebab, jika ada sedikit kelembaban di dalam wadahnya, maka boneka Anda akan berjamur. Anda tentu tidak ingin koleksi boneka Anda berjamur bukan? Jadi meskipun Anda menyimpannya dalam plastik, pastikan udaranya bersirkulasi. Oleh karena itu, udara dapat masuk dan keluar dari wadah dengan nyaman.

Itulah beberapa tips merawat boneka kain dengan baik. Jangan asal membersihkan boneka dengan cara yang kurang tepat karena bisa merusak bahan boneka. Pastikan Anda menerapkan tips yang tepat. Selamat mencoba.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.


Open chat
Hi, saya Admin Bonikka Dolls, Ada yang bisa dibantu?