Cara Memilih Boneka yang Tepat dan Aman Bagi Anak

Cara Memilih Boneka yang Tepat dan Aman Bagi Anak

Boneka sudah menjadi bagian dari masa kecil anak. Mainan ini selalu menemani anak dalam bermain sehari-hari. Boneka dapat meningkatkan kemampuan imajinasi dan kreativitas anak. Boneka juga dapat bermanfaat bagi kesehatan saraf motorik anak. Dengan banyaknya manfaat yang diberikan oleh boneka ini, orang tua tentu tak segan untuk membelikan boneka untuk anaknya. Sebelum membeli boneka, ada hal yang menjadi perhatian utama bagi orang tua. Yaitu dalam pemilihan boneka, pilih boneka yang tepat dan aman bagi anak. Hal ini dilakukan agar semua manfaat boneka didapat dan tidak menimbulkan masalah pada anak.

Berikut cara memilih boneka yang tepat dan aman bagi anak.

1. Sesuaikan Boneka dengan Umur Anak

Agar memiliki manfaat, boneka yang dimainkan anak harus sesuai dengan umur anak. Memilih boneka yang sesuai dengan umur anak akan membantu tumbuh kembang sang anak. Anda dapat melihat label pada boneka yang berisi keterangan umur yang cocok untuk memainkan boneka tersebut. 

2. Pilih Boneka yang Sederhana untuk Anak

Boneka harus dapat meningkatkan imajinasi agar anak dapat berimajinasi sesuka mereka. Boneka yang dilengkapi dengan fitur bernyanyi atau bersuara malah akan membatasi imajinasi anak. Oleh karena itu pilih boneka yang sederhana agar anak dapat berimajinasi sehingga melatih kreativitasnya. 

3. Pilih Boneka Berkualitas

Kini boneka sudah sangat beragam. Pilih boneka yang mereknya dapat dipercaya, pasalnya produk boneka dari merek tersebut memiliki bahan yang berkualitas. Boneka yang berkualitas akan memiliki ketahanan yang lama dan kokoh. 

4. Pikirkan Keamanan Anak

Keamanan anak tidak bisa dilewatkan begitu saja dalam memilih boneka untuk anak. Ukuran boneka yang aman bagi anak yaitu dengan panjang 6 cm dan minimal berdiameter 3 cm . Boneka dengan ukuran ini tidak akan tertelan oleh anak. Pastikan juga tidak ada bagian yang tajam pada boneka dan juga kawat/benang yang lepas. 

5. Perhatikan Bahan Pembuat Boneka

Ketika membeli boneka yang berbulu, pilih boneka dengan bahan alami seperti flanel, katun, atau wol yang aman dan ramah lingkungan. Selain itu, lihat pada labelnya apakah bisa dicuci atau tidak agar anak terhindar dari penyakit akibat kotoran yang menempel pada bulu boneka. 

JJika boneka terbuat dari bahan plastik, periksa labelnya apakah ada tulisan #1, 2, 3, 4. Tulisan pada label tersebut menunjukkan bahan plastik yang aman. Selain itu bahan plastik yang digunakan harus terbebas dari PVC, BPA, dan Phthalates.

Boneka berbahan karet alami menjadi pilihan bagi Anda karena boneka ini tidak menyerap bahan kimia serta lembut sehingga enak dan nyaman dimainkan anak.

6. Hindari Boneka yang Mengandung Zat Berbahaya

Boneka yang mengandung zat berbahaya biasanya berwarna mencolok, berbau tajam, warna cat tidak rata, dan gampang terkelupas. Cat yang terkelupas dan menempel pada kulit akan berbahaya bagi anak. Pilih boneka yang pada labelnya berisi keterangan non toxic. 

7. Telah berlabel SNI

Boneka yang telah berlabel Standar Nasional Indonesia (SNI) sudah pasti aman dan terhindar dari bahan berbahaya. 

8. Perhatikan Merek Boneka

Boneka dengan merek ternama memiliki kualitas yang tinggi dan telah bergaransi. Boneka dengan harga murah atau produk tiruan harus kita waspadai. Lihat pada label boneka untuk melihat tempat pembuatan boneka karena mungkin ada tempat yang terkenal menciptakan mainan yang buruk. 

9. Beli di Toko Terpercaya

Untuk mendapatkan boneka yang berkualitas, beli di situs resmi boneka tersebut agar terhindar dari produk tiruan. Anda juga bisa membeli boneka di tempat-tempat percaya lainnya seperti toko mainan.

Solusi boneka yang tepat dan aman bagi anak, Anda dapat membelinya di Bonikka Dolls. Kami menjual boneka organik yang aman bagi anak dan ramah lingkungan.

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.


Open chat
Hi, saya Admin Bonikka Dolls, Ada yang bisa dibantu?