Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap Pada Boneka

Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap Pada Boneka

Boneka adalah benda yang sering dimainkan oleh anak anak. Selain itu ada juga boneka hiasan yang hanya dipajang pada tempat tertentu. Boneka memiliki bahan yang lembut dan berserat. Isi dari boneka sendiri biasanya terdiri dari bahan dakron atau busa. Kedua bahan ini dinilai sangat empuk dan bisa digunakan sebagai bantalan. Namun disisi lain dua bahan isi boneka ini memiliki serat yang sangat mudah dimasuki oleh air. Walaupun tidak terkena air, terkadang ada saja udara lembab yang masuk kedalam serat boneka. Hal ini tentunya akan membuat boneka menjadi lembab dan memunculkan aroma yang tidak sebab.

Oleh karena ini berikut adalah cara menghilangkan bau tidak sedap dan tips agar boneka Anda tidak memunculkan bau tidak sedap :

1. Bersihkan Jamur dari Boneka 

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika merasa bahwa boneka mu berbau tidak sedap adalah penampilannya. Biasanya pada boneka yang yang memiliki warna muda akan lebih terlihat tampilan jamur yang menempel pada boneka. Tampilan jamur yang menempel pada boneka ini biasanya berwarna hitam dengan motif bercak. Setelah menemukan dimana posisi jamur tersebut menempel, Anda bisa membersihkannya dengan menggosok secara ringan di atas area yang berjamur. Karena biasanya boneka yang lembab akan memuncul jamur, dan boneka yang berjamur akan menampilkan aroma yang kurang sedap.

2. Gunakan Kapur Barus

Bagi Anda yang memiliki koleksi boneka yang disimpan dalam ruangan tertutup, hal yang harus diperhatikan adalah dengan memberikan kapur barus pada ruangan tertutup tersebut. Pasalnya ruangan tertutup akan berpotensi memberikan kelembaban tinggi pada boneka Anda dan akan menimbulkan bau yang tidak sebab. Selain itu pastikan juga boneka mu terbungkus dengan plastik agar tidak terkena noda penyebab bau tidak sedap.

3. Cuci Boneka dengan Pewangi

Selain membersihkan boneka pada tampilannya, boneka juga perlu dilakukan perawatan mendalam seperti dicuci agar menghilangkan bau yang menempel pada boneka. Pastikan juga menggunakan sabun pewangi khusus agar boneka Anda tetap wangi dan tahan lama.

4. Jemur di Tempat Kering

Setelah melakukan pencucian pada boneka, pastikan untuk mengeringkannya dengan menjemur di tempat kering. Anda bisa memanfaatkan sedikit sinar matahari ataupun hembusan angin. Boneka disarankan untuk tidak langsung dijemur dibawah sinar matahari karena dapat merusak tekstur warnanya. Boneka juga harus sering dijemur walaupun sedang tidak dicuci. Pasalnya boneka seringkali terkena udara lembab yang masuk kedalamnya, apabila kelembaban pada boneka tidak segera dikeringkan atau dijemur, maka akan memunculkan bercak hitam atau jamur yang akan membuat boneka menjadi bau tidak sedap.

Saat menjemur boneka, pastikan bagian dalam boneka sudah kering dengan cara sedikit penekannya, karena biasanya Anda merasa bahwa boneka yang dijemur sudah kering. Padahal kering yang dirasakan hanya bagian luarnya saja, belum pada bagian dalamnya.

Nah itu dia cara menghilangkan bau tidak sedap dan tips agar boneka Anda tidak memunculkan bau tidak sedap. Selain menghilangkan bau tidak sedap, kegiatan diatas juga sangat bermanfaat bagi kebersihan boneka, sehingga ketika anak bermain dengan boneka sudah terjamin kebersihan dari bakteri penyebab penyakit. 

Jika Anda masih bingung memilih boneka zaman sekarang yang kekinian dan memiliki bahan berkualitas anti bau noda, Anda bisa memilih boneka organik dari bonikka dolls. Bonikka dolls terjamin menggunakan bahan yang aman saat digunakan si kecil bermain.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.


Open chat
Hi, saya Admin Bonikka Dolls, Ada yang bisa dibantu?