Harga dan Jenis-jenis Kain untuk Membuat Boneka

Harga dan Jenis-jenis Kain untuk Membuat Boneka

Boneka adalah salah satu jenis permainan yang disukai oleh anak-anak, khususnya bagi  anak – anak perempuan dan juga orang dewasa. Boneka juga memiliki tampilan yang imut, lucu dan menggemaskan. Boneka yang terbuat dari jenis organik merupakan salah satu jenis boneka yang paling nyaman untuk dijadikan bantal ataupun sandaran dan paling nyaman untuk dipeluk. Selain itu juga ada boneka yang terbuat dari bahan kain yang sangat bervariasi. Variasi kain yang digunakan seperti dari kain flanel, kain yelvo, kain velboa, kain rasfur, kain snail, dan juga kain nylex. Memiliki harga yang berbeda – beda, berikut beberapa penjelasan tentang harga dan jenis-jenis kain untuk membuat boneka.

 

  1. Kain Flanel

Jenis kain flanel ini merupakan jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun, yang dibuat melalui proses pemanasan dan penguapan hingga menghasilkan kain dengan berbagai jenis dan tekstur atau tergantung dari bahan pembuatannya. Kain flanel juga memiliki tekstur yang tebal, memiliki serat seperti kapas, agak kaku, dan jika dipotong pinggirannya tidak ngebrudul. Harganya pun terjangkau mulai dari Rp5.000 – Rp9.000 per lembar. Jika per meter harganya mulai Rp21.000 – Rp200.000.

 

  1. Kain Velboa

Kain velboa adalah salah satu bahan kain yang berkualitas memiliki tekstur yang lembut, halus, tidak mudah rontok dan memiliki bulu pendek hingga tidak mudah berdebu. Selain digunakan untuk membuat boneka kain velboa juga digunakan untuk membuat sofa, selimut, dan juga sajdah. Kain ini juga memiliki kelebihan yaitu memiliki beragam warna yang banyak dan harganya pun relatif lebih murah. Harganya kisaran Rp27.000 sampai Rp40.000 per meter.

 

  1. Kain Rasfur

Kain rasfur merupakan jenis kain yang digunakan untuk membuat boneka yang memiliki tekstur lembut, halus dan berbulu panjang berbeda dengan kain velboa. Kain ini juga memiliki berbagai varian warna yang lembut dan cerah. Kain rasfur memiliki dua kualitas yaitu rasfur impor dan rasfur lokal. Keduanya memiliki perbedaan, rasfur impor cenderung lebih rapat  dan kuat pada setiap bagian bulunya dibandingkan dengan rasfur lokal. Harganya mulai dari Rp40.000 hingga Rp110.000 tergantung panjang bulunya. Semakin panjang bulunya maka akan semakin mahal juga harganya.

 

  1. Kain Yelvo

Kain yelvo merupakan salah satu bahan kain yang memiliki tampilan bulu pendek, dan memiliki tekstur seperti velboa tetapi lebih halus dan sedikit lebih mahal dibanding dengan jenis kain yang lain. Kain ini mempunyai karakteristik fleksibel dan licin, kain ini juga salah satu kain yang diimpor dari luar negeri. Karena permukaan yang licin cenderung lebih susah saat dijahit, tetapi akan menghasilkan boneka yang lebih bagus, halus dan juga lembut. Harganya pun relatif mahal mulai dari Rp75.500 sampai Rp102.000 per meter.

 

  1. Kain Snail

Jenis kain snail ini merupakan salah satu jenis kain yang memiliki tekstur yang lembut, halus dan nyaman saat dipegang menggunakan telapak tangan. Kain ini memiliki karakteristik berbulu melingkar seperti rumah keong dan ada yang bilang seperti mawar. Sebagian orang mengatakan jika kain snail tergolong seperti kain rasfur karena berbulu. Dengan teksturnya yang lembut kain ini selain untuk membuat boneka juga digunakan untuk membuat sajadah, bantal, tas, aksesoris rambut dan beberapa produk lainnya. Harga kainnya lumayan mahal dibandingkan dengan kain rasfur. Mulai dari Rp75.000 sampai Rp161.000 per yard.

 

  1. Kain Nylex

Dari banyaknya jenis kain yang digunakan untuk membuat boneka, bahan kain nylex merupakan salah satu jenis kain yang cenderung lebih tipis dan memiliki tekstur yang kasar. Kain ini memiliki banyak pilihan warna biasa disebut dengan kain nylex berwarna cerah. Selain untuk membuat boneka kain ini juga dapat digunakan untuk gantungan kunci, dompet atau aksesoris dan kerajinan tangan lain. Harganya paling murah dibanding dengan kain yang lain. Harganya mulai dari Rp6.000 hingga Rp20.000 per meter.

 

Setelah Anda mengetahui tentang harga dan jenis kain untuk membuat boneka, maka Anda jangan salah pilih saat akan membuat atau membeli boneka. Dengan memilih kualitas yang baik Anda juga dapat merasakan kenyamanannya.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.


Open chat
Hi, saya Admin Bonikka Dolls, Ada yang bisa dibantu?