Keuntungan Yang Didapatkan Anak Dari Bermain Boneka

Keuntungan Yang Didapatkan Anak Dari Bermain Boneka

Bermain merupakan hal yang sangat disukai anak-anak entah itu perempuan ataupun laki-laki karena itu dunia mereka. Salah satunya adalah dengan bermain boneka. Bermain boneka kebanyakan adalah anak perempuan, tetapi tak jarang juga anak laki-laki bermain boneka karena tidak hanya anak perempuan yang dapat bermain boneka. Terkadang anak-anak juga suka mengoleksi berbagai jenis boneka yang menarik bagi mereka.

Boneka yang bagus dan aman untuk anak sangat beragam misalnya, harus memiliki bahan yang halus dan lembut. Biasanya orang tua akan menganggap anak hanya bermain boneka saja, padahal ada banyak faedah yang didapatkan dari anak yang sering bermain boneka.

Berikut ini beberapa keuntungan yang didapatkan dari bermain boneka :

Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak

Bermain dengan boneka akan menumbuhkan serta meningkatkan keterampilan sosial pada anak. Saat anak-anak bermain boneka mereka akan bermain dengan berpura-pura. Berpura-pura itu akan mengaktifkan daerah pada otak terkait dengan empati anak dan juga pemrosesan informasi. Anak bermain boneka biasanya berkelompok bersama teman-temannya dan akan saling menceritakan boneka miliknya, hal itu otomatis akan menumbuhkan jiwa sosial anak dalam komunikasi. Pengembangan sosial pada anak akan lebih cepat dengan bermain boneka dibandingkan bermain gadget.

Memperluas Imajinasi Anak

Bermain boneka masuk ke dalam jenis kegiatan permainan yang imajinatif. Saat anak-anak bermain boneka mereka akan menggunakan imajinasinya dan menjadi sebuah cerita secara tidak langsung dengan peran yang telah mereka buat sendiri. Misalnya, ketika anak menyukai tokoh koboi, anak akan berimajinasi menjadi seorang koboi dengan bonekanya sebagai pemeran pendamping lainnya seperti teman koboinya atau seekor kuda yang membawa koboi. Hal ini yang menjadikan anak kreatif dan lebih mengembangkan imajinasi anak.

Meningkatkan Rasa Belas Kasih Anak

Saat anak-anak bermain boneka akan dapat meningkatkan rasa kasih sayang pada dalam diri anak. Hal ini dikatakan oleh para ahli neurologi bahwa bermain pura-pura juga akan menumbuhkan dan meningkatkan rasa kasih sayang serta rasa belas kasih pada diri anak. Karena dengan bermain boneka mereka akan tahu cara merawat makhluk hidup atau benda yang ada disekitarnya dan memperlakukannya dengan baik. Dengan itu, rasa kepedulian dan belas kasihnya pada orang-orang disekitarnya akan terbangun sejak dini.

Memajukan Kemampuan Anak Dalam Berbahasa

Bermain boneka mendorong anak untuk lebih banyak dan sering berbicara dengan bonekanya dan juga dengan teman-temannya saat mereka bermain bersama. Kegiatan tersebut akan menambah kosa kata dan bahasa anak dalam berbicara dengan orang lain. Anak akan menjadi lebih percaya diri dan lebih mudah mengatakan apa kemauannya dengan berbicara kepada boneka.

Melatih Kemampuan Sensorik Anak

Anak sering bermain boneka dapat dijadikan sarana untuk melatih kemampuan sensorik dan motorik. Saat anak bermain boneka dengan mengganti pakaian atau sepatu yang dikenakan boneka, anak akan berlatih untuk mengancingkan pakaian mengikatkan tali pada sepatu, memakaikan celana. Hal inilah yang dapat melatih kondisi mata dan juga kondisi tangan saat digunakan, sehingga mereka akan menerapkan gerakan-gerakan tersebut pada kehidupan sehari-hari.

Selain beberapa hal yang didapatkan dari anak bermain boneka, sebagai orang tua juga perlu diperhatikan dalam memilih boneka untuk anak-anak.

Sesuaikan dengan yang disukai anak

Dalam memilih boneka untuk anak sesuaikan dengan bahan, jenis dan bentuk boneka. Ada juga karakter boneka yang banyak disukai anak-anak. Sesuaikan hal tersebut agar anak tertarik untuk bermain.

Pilih boneka sesuai umur anak

Boneka memiliki banyak ukuran, pilihlah ukuran yang sesuai supaya memudahkan anak dalam bermain. Jangan memberikan mainan kepada anak dibawah umur ketentuan mainan tersebut.

Cermati aksesoris pada boneka

Biasanya pada boneka terdapat hiasan atau aksesoris yang bisa berupa manik-manik atau benda berukuran kecil lain. Perhatikan hal tersebut saat akan membeli boneka untuk anak terutama balita. Karena akan berbahaya, bisa saja anak-anak akan mencabut lalu menelannya atau memasukkan ke dalam hidung.

Pilih boneka sesuai dengan gender anak

Ada banyak sekali jenis-jenis boneka dan juga karakter lainnya. Pilih boneka untuk anak yang sesuai. Misalnya anak perempuan biasanya akan bermain boneka bayi atau hewan-hewan yang lucu, sedangkan anak laki-laki akan cenderung lebih suka boneka berbentuk mobil-mobilan atau boneka robot.

Nah, itulah beberapa keuntungan atau manfaat yang didapatkan ketika anak-anak bermain boneka dan juga beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua saat memilih mainan boneka yang aman untuk anak. Semoga bermanfaat.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.


Open chat
Hi, saya Admin Bonikka Dolls, Ada yang bisa dibantu?