MANFAAT BERMAIN BONEKA BAGI KESEHATAN MOTORIK ANAK

MANFAAT BERMAIN BONEKA BAGI KESEHATAN MOTORIK ANAK

Sudahkah kalian ketahui mengenai boneka?jadi disini saya akan sedikit membahas mengenai boneka.Boneka adalah sejenis mainan yang bentuknya bisa menyerupai manusia,hewan,benda,bahkan tumbuh-tumbuh an hingga tokoh fiksi lainnya,boneka dalam ilmu psikologi termasuk dalam pretend play (permainan pura-pura) dan juga bisa dikatakan mainan yang sangat tua (kuno) karena boneka ini sudah muncul sejak zaman Yunani dan Mesir Kuno,hingga sampai kini pun boneka masih juga dilestarikan mungkin karena bentuknya yang unik dan menarik perhatian bagi si kecil yang sedang aktif.tidak hanya menarik dibalik keunikan boneka ini juga menyimpan banyak manfaat bagi anak-anak loh diantaranya yaitu :
1. Mengembangkan Kepedulian Anak
Para ahli dari universitas telah menyebutnya bahwa bermain boneka pura-pura dapat mengembangkan rasa kepedulian dan belas kasih anak,dari ini anak dapat belajar dan berlatih cara merawat makhluk hidup dengan memperlakukannya dengan baik.dengan itu tentunya rasa belas kasih anak pun akan muncul sejak dini.selain mengembangkan keterampilan sosial ini bermain boneka juga akan mengembangkan rasa kasih sayang anak.

2. Mengembangkan Daya Imajinasi Sang Anak
Saat anak bermain boneka tentunya anak akan menemukan imajinasi untuk mengeluarkan peran pada boneka dan kata-kata yang ia pahami untuk menentukan peran pada boneka serta jalan ceritanya,misalnya jika anak ingin menjadi guru tentunya dia akan berimajinasi seolah-olah ia sedang menjadi guru dan boneka sebagai muridnya dan hal ini tentunya akan mengembangkan kreativitas anak,ia juga bisa memahami tentang profesi dan tugas yang ada di sekitarnya.

3. Meningkatkan Kemampuan Anak Saat Berbahasa
Dalam bermain boneka ini dapat juga mendorong si kecil untuk sering berbicara dan mengobrol dengan boneka kesayangan bersama temannya saat sedang berkumpul,nah berkumpul inilah yang nantinya akan menambah kosakata bagi anak saat sedang berkomunikasi,bagi anak yang pemalu semakin kedepan juga akan terlatih dan lebih percaya diri bahkan juga mampu meluapkan pendapatnya melalui percakapan dengan boneka kesayangannya.
4. Mengajarkan Sang Anak Berperilaku Baik
Saat anak sedang bermain boneka biasanya ada tokoh yang dikisahkan dalam percakapan tersebut sebagai anak yang pemalas dan anak yang rajin,nah dari kisah tersebut sang ibu bisa menampilkan cerita-cerita dari situasi tersebut.
Contoh : upin malas menggosok gigi,akibatnya gigi upin menjadi sakit
: sofia rajin menggosok gigi jadi gigi sofia tidak sakit seperti gigi upin

5. Menambah Keterampilan Sosial Anak
Menurut studi bermain dalam pura-pura dapat mengaktifkan bagian otak yang terkait dengan pemrosesan empati dan sosial anak,manfaat ini juga bisa diperoleh meski anak sedang bermain sendirian.

6. Melatih Sifat Tanggung Jawab
Ketika anak sedang bermain boneka pasti anak pernah berperan sebagai ibu sedangkan boneka sebagai anak nya,mereka mempraktikkan kembali apa yang sudah mereka lihat dari kebiasaan sang ibu,hal ini dapat menggembangkan sifat tanggung jawab anak.

7. Eksplorasi hobi
Secara tidak langsung sang anak akan memiliki kebebasan tersendiri untuk mengeksplor kesukaan atau hobby dalam bentuk yang lebih kecil serta juga dapat menentukan suka dan tidak sukanya. Boneka ini dapat menjadi media yang sangat baik untuk pergembangan anak di usia dini.secara mendalam menjelajahi berbagai area dan bidang ,si kecil tak harus terpacu pada suatu hobi melainkan menjelajahi aktivitas sambil berperan dengan boneka nya.

8. Melatih Motorik Dan Menumbuhkan Kemandirian
Pada umumnya boneka yang bertema kerajaan dengan berbagai hiasan dan pernak pernik yang sudah disediakan ,mulai dari bentuk rumah ,pakaian,transportasi dan berbagai atribut lainnya dengan adanya hal itu mampu melatih motorik anak dan menumbuhkan sikap mandiri terhadap anak.karena sang anak akan bereksplorasi seperti menyisir rambut boneka,mengganti atribut boneka dan memakaikan pakaian yang cocok dari hasil kreasinya sendiri meskipun hal kecil tetapi bagi anak mampu melatih motoriknya loh.
9. Kematangan Emosional
Berdasarkan penelitian ahli anak-anak yang beranjak tumbuh besar dengan bermain boneka tersebut ternyata tumbuh dengan istilah baik mengenai dunia di sekitarnya.seorang anak akan cenderung merubah dunia tempat tinggalnya dan menjadikan dunia kecil agar dapat dikelola dimana mereka dapat mencoba,dan bereksperimen dengan masalah sehari-hari dan ia akan belajar bagaimana menghadapi situasi pada kemampuan masing-masing dirinya,hal ini lah yang dapat mengembangkan kedewasaan dan emosional saat mereka sedang merawat boneka kesayangan nya.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Oleh Orang Tua Saat Memilih Boneka:

1. Sesuaikan jenis kelamin buah hati anda
Bila anak perempuan biasanya lebih memilih boneka yang bentuknya menyerupai bayi/manusia dan sementara anak laki-laki pasti akan memilih bentuk truk,robot,mobil-mobilan. Maka pilihan tersebut sudah sesuai dengan gendernya.
2. Memilih boneka sesuaikan umurnya
Ada banyak sekali macam bentuk boneka sebaiknya bagi sang ibu memilih boneka yang sesuai dengan anaknya agar lebih mudah jika digunakan untuk bermain ,ibu juga harus teliti dalam memilih bahan,mudah kotor atau tidaknya dan praktis.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.


Open chat
Hi, saya Admin Bonikka Dolls, Ada yang bisa dibantu?