Manfaat Boneka Bagi Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Boneka Bagi Tumbuh Kembang Anak

Aktivitas bermain adalah kegiatan yang biasa dilakukan oleh anak anak setiap harinya. Dengan melakukan aktivitas bermain, anak-anak dapat belajar dan sekaligus mengembangkan kemampuan dirinya. Salah satu mainan yang sering dimiliki dan dimainkan oleh anak anak adalah boneka. Banyak orang seringkali menganggap bahwa boneka hanyalah sebuah mainan biasa yang mudah didapatkan dimanapun, namun dibalik itu semua boneka dapat menjadi alat pembantu bagi tumbuh kembang anak. 

Dalam dunia penelitian, boneka dijadikan alat sebagai permainan yang melibatkan imajinatif anak sehingga dapat mengembangkan tumbuh kembang anak. Berikut adalah manfaat boneka dalam tumbuh kembang anak.

1. Meningkatkan Bersosialisasi

Menurut penelitian, bermain boneka dapat meningkatkan sifat keterampilan sosial pada anak. Dengan permainan yang imajinatif, tumbuh kembang pada anak akan mengaktifkan sistem otak yang dapat mempengaruhi dalam proses informasi sosial dan empati pada anak. Walaupun anak bermain boneka sendirian, boneka tetap akan membantu imajinasi anak dan akan tetap munculnya kegiatan sosial (komunikasi monolog). Selain itu, bermain boneka pada anak ini lebih mendapatkan perkembangan sosialnya dibandingkan dengan saat anak bermain gadget.

2. Mengembangkan Sifat Empati

Selain meningkatkan sosialisasi pada anak, boneka juga dapat mengembangkan sifat empati pada anak dengan menampilkan sisi emosi kasih sayang. Permainan imajinatif dapat memberikan sifat empati dengan cara berlatih merawat boneka tersebut seakan akan adalah benda atau makhluk hidup yang harus mereka perlakukan dengan baik. 

3. Melatih Tanggung Jawab

Dengan bermain boneka, anak juga dapat melatih sifat tanggung jawab. Anak akan belajar dan mempraktekkan bagaimana cara memperlakukan boneka layaknya teman dengan memperlakukannya secara halus.

4. Problem Solving

Boneka juga dapat membantu anak dalam melakukan problem solving. Cara ini dapat dilakukan dengan dibantu orang tua dalam menuangkan konflik cerita yang diperankan oleh boneka tersebut. Sehingga anak dapat melatih problem solving yang terjadi pada cerita tersebut.

5. Mengembangkan Daya Imajinasi

Seperti yang disebutkan di awal, jika boneka termasuk dalam permainan imajinatif. Permainan imajinatif ini akan memunculkan fantasi yang dapat mengembangkan daya imajinasi anak dan semakin memunculkan sifat kreativitas pada anak.

6. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Dengan bermain boneka, anak akan otomatis melakukan aktifitas mengobrol secara monolog dengan sang boneka. Kegiatan ini akan membantu anak dalam pengembangan bahasa dan penambahan kosakata. Namun hal ini juga perlu didampingi oleh orang tua. Pendampingan orang tua akan membantu mengarahkan kosakata anak agar menjadi baik dan benar. Adapun kegiatan bermain ini juga akan menambah tingkat kepercayaan diri pada anak.

7. Meningkatkan Kemampuan Sensor 

Boneka dapat menjadi alat dan sarana dalam melatih kemampuan sensorik dan motorik anak. Contohnya adalah saat anak memakaikan baju pada boneka. Menali sepatu pada boneka. Hal tersebut dapat meningkatkan sensorik dan motorik pada anak. Selain itu kegiatan yang dilakukan juga berhubungan dengan aktivitas sehari-hari.

Itulah manfaat boneka bagi tumbuh kembang pada anak. Dengan bermain boneka banyak sekali hal baik yang dapat diambil. Orang Tua juga harus mengarahkan saat anak bermain agar dapat mengarahkan pada hal yang benar, sekaligus dapat  memantau tumbuh kembang anak secara langsung

Para orang tua juga harus mulai memperhatikan dan menyesuaikan dengan kebutuhan sang anak. Pastikan juga orang tua memilih bahan boneka yang aman bagi anak agar tidak menghambat tumbuh kembang pada anak. Salah satu boneka yang terjamin memiliki bahan aman adalah boneka organik. Boneka ini terbuat dari bahan organik yang dijamin lembut saat terkena kulit anak, Untuk mendapatkan boneka organik, Anda dapat membelinya di Bonikka Dolls.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.


Open chat
Hi, saya Admin Bonikka Dolls, Ada yang bisa dibantu?