Tips Merawat Koleksi Boneka Kesayangan

Tips Merawat Koleksi Boneka Kesayangan

Mengoleksi suatu barang sudah menjadi hobi bagi sebagian orang. Salah satu barang koleksi yang menggemaskan dan banyak digemari adalah boneka. Boneka menjadi teman masa kecil yang tidak bisa dilupakan. Boneka memang menyimpan banyak kenangan dan keindahan sewaktu kita kecil. Tak jarang berbagai kalangan mengoleksi boneka-boneka kesayangannya dan menjadikannya sebagai hobi khususnya anak – anak. 

Banyak orang yang beranggapan kalau boneka tidak cocok dijadikan barang koleksi karena barangnya yang mudah kotor dan rusak. Pastinya orang tersebut belum mengetahui bagaimana cara merawat boneka yang benar. Padahal dalam mengoleksi boneka ada beberapa cara mudah yang harus diketahui dan diperhatikan agar boneka yang Anda koleksi tidak cepat rusak dan tetap tampil cantik. Salah satunya yaitu Anda harus merawat boneka dan menyimpannya dengan baik. Lantas bagaimana cara merawat boneka yang dikoleksi ini? Berikut cara merawat koleksi boneka kesayangan. 

1. Bersihkan Secara Berkala 

Tips pertama ini sangat mudah dan dapat Anda lakukan dirumah. Caranya adalah dengan mengelap menggunakan kain bersih secara perlahan untuk boneka yang terbuat dari plastik. Sedangkan untuk boneka berbulu dapat Anda mencuci jika kotoran dan debu dirasa sudah menumpuk.

Pengaplikasiannya cukup mudah, pertama siapkan wadah atau ember berisi air sabun. Kemudian rendam boneka dalam air sabun selama 15 menit atau lebih. Jika sudah bilas boneka dan rendam kembali menggunakan pewangi.

2. Jemur di Tempat Terbuka

Setelah melewati proses pencucian, boneka bisa langsung dijemur. Caranya adalah dengan mengikat boneka menggunakan tali lalu digantung pada gantungan baju. Atau cukup letakkan saja pada bangku kayu atau tempat bersih sekitar. Saat menjemur boneka, hindari boneka pada paparan sinar matahari langsung, jika terkena secaralangsung maka dapat memudarkan warna pada boneka kesayangan Anda. Anda bisa saja membiarkan boneka tersebut kering karena angin.

3. Hindarkan Boneka dari Hewan Peliharaan

Jika memiliki hewan peliharaan yang dibebaskan di rumah, pastikan untuk tidak menjemur atau meletakkan boneka dalam jangkauan mereka. Boneka sangat rentan menjadi bahan mainan karena tampilannya yang sangat menarik bagi hewan peliharaan terutama kucing. Hewan peliharaan juga senang menggigit ataupun mencakar benda disekitar, jika kuku kucing tersangkut pada boneka , maka akan membuat boneka rusak dan tidak lagi tampak cantik.

4. Bungkus Agar Terhindar dari Debu dan Kotoran

Setelah melalui proses pencucian dan boneka kering, Anda bisa membungkusnya lagi ke dalam plastik pembungkus berwarna bening. Atau Anda juga bisa memasukkannya dalam kotak mika berwarna bening. Bungkuslah boneka kesayangan Anda secara kuat dan rapi agar boneka terhindar dari debu dan kotoran.

Dengan menggunakan pembungkus, boneka akan terhindar dari debu dan kotoran dan akan tetap tampil cantik.

5. Simpan di Tempat Kering dan Bebas Lembab

Agar koleksi boneka Anda tersusun rapi dan indah, Anda dapat meletakkannya di lemari atau rak. Namun pastikan terlebih dahulu lemari atau rak tersebut harus benar-benar kering dan bebas lembab. Hal ini dilakukan agar tidak timbul jamur. Selain itu disarankan untuk meletakkan kapur barus agar koleksi boneka Anda tidak lembab dan bebas dari serangga apapun.

Itulah tips merawat boneka kesayangan Anda agar tetap bersih dan tampak cantik. Memiliki boneka yang bersih dan bagus, sudah menjadi kepuasan sendiri bagi pemiliknya. Jika Anda ingin menambah koleksi boneka Anda, Bonikka Dolls adalah solusinya. Bonikka Dolls memiliki beragam jenis boneka organik yang lucu dan canti

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.


Open chat
Hi, saya Admin Bonikka Dolls, Ada yang bisa dibantu?