Cara merawat boneka organik dengan baik dan benar

Cara merawat boneka organik dengan baik dan benar

Boneka merupakan mainan anak yang sangat menggemaskan. Boneka juga sangat digemari dari kalangan anak anak hingga orang dewasa. Biasanya boneka bisa menjadi teman bagi sang anak untuk bermain. Tidak hanya menggemaskan, boneka juga mudah didapatkan di toko toko aksesoris atau mainan yang ada di daerah rumah anda. Selain itu, boneka juga dapat di jadikan untuk pajangan agar ruangan kamar tidur cewek tidak terlihat monoton.

Boneka biasanya berbentuk seperti tokoh tokoh kartun yang ada di film kartun. Boneka bisa juga dibilang mainan yang paling tua, karena sudah ada di masa zaman Yunani, Romawi, atau Mesir kuno. Boneka juga memiliki jenis jenis yang sangat beragam. Contohnya boneka tangan, boneka jari, boneka kaos kaki, boneka organik, dan masih banyak lagi jenis jenis boneka. Boneka juga ada yang dibuat menyerupai tas dan dapat menyimpan berbagai macam barang di dalamnya. Ada juga yang bisa menjadi selimut.

Boneka harus rutin di bersihkan dan di rawat walaupun terlihat tidak kotor, namun bisa menjadi sarang debu yang tidak terlihat. Jika dibiarkan terus menerus akan merusak boneka dan boneka terlihat kotor dan tidak enak di pandang. Dengan kita membersihkan dan merawat secara rutin, maka boneka akan awet, bersih dan enak di lihat. Bukan hanya itu boneka yang sering dimainkan oleh anak anda juga harus dibersihkan secara rutin atau jika terkenan kotoran saat di mainkan oleh anak, sebaiknya langsung di bersihkan atau dicuci. Karena jika kotor dan tidak segera dibersihkan, maka akan menimbulkan penyakit yang bisa jadi dapat menyerang anak anda. Maka dari itu anda haru senantiasa membersihkan dan merawat boneka yang anda miliki. Jika anda memiliki boneka organik anda harus berhati hati dan tidak asal dalam membersihkannya. Karena bahan yang digunakan di boneka organik lumayan mudah rusak dibandingkan boneka biasa.

Dalam membersihkan atau mencuci boneka itu tidak boleh macam macam atau sembarangan, karena setiap boneka memiliki bahan yang berbeda beda. Berikut ini merupakan cara merawat dan membersihkan boneka organik anda dengan baik dan benar.

1. Senantiasa Mengecek Label Pencucian Pada Boneka
Dengan anda mengecek label pada boneka anda akan mengetahui cara yang tepat saat mencuci atau membersihkan boneka tersebut. Karena pada label pencucian yang berada pada boneka, telah di uji oleh produsen supaya boneka tidak mudah rusak dan akan awet. Dengan begitu anda harus mencuci atau membersihkan boneka sesuai anjuran atau aturan yang ada pada label pencucian boneka. Biasanya label terletak pada bagian bawah boneka, samping kanan atau kiri dan bisa juga berada ditengah bawah boneka.

2. Cek Boneka Jika tidak ada Bagian yang Robek
Sebelum mencuci boneka pastikan terlebih dahulu, apakah ada bagian yang robek atau rusak pada boneka tersebut. Karena di cuci dalam keadaan robek maka isi dari dalam boneka akan keluar dan ambrul adul didalam mesin cuci, sehingga merepotkan kita, dari awalnya berniat mencuci boneka sekarang sekalian membersihkan mesin cuci juga. Jika sudah tertedeksi robek maka anda bisa menjahitnya terlebih dahulu sebelum mencucinya. Dengan begitu tidak akan hilang isi dakron atau sejenisnya dari boneka tersebut.

3. Hindari Mencampurkan dengan Pakaian Saat Mencuci
Hindari mencampurkan pakaian saat mencuci boneka, karena bulu bulu dari boneka yang rontok saat dicuci akan menempel pada pakaian anda. Dan akan berkemungkinan terkena luntur dari pakaian ataupun dari baju anda. Dengan anda memisahkan boneka dengan pakaian anda maka boneka akan lebih bersih di bandingakan dengan mencampurkannya dengan pakaian anda. Karena air cucian dari pakaian cendering lebih kotor dan bau, maka dari itu sebaiknya dipisahkan.

4. Hindarkan Boneka dari Sinar Matahari Langsung
Setelah anda mencuci boneka anda, anda jangan langsung menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Anda bisa menjemurnya di ruangan yang sejuk dan tidak lembab. Jika dirasa kurang maksimal anda bisa mengeringkannya dengan mesin pengering dengan suhu tertentu, namun harus sesuai aturan yang ada pada label yang ada di boneka tersebut. Dengan anda menjemur boneka anda di bawah terik sinar matahari, akan merusak bahan dari boneka, dan akan memudarkan warna dari boneka yang anda miliki.

5. Rapikanlah Bulu – Bulu pada Boneka
Bulu bulu pada boneka akan mudah menggumpal dan kusut jika anda membiarkan boneka anda begitu saja. Maka dari itu kita harus rutin merapikan bulu bulu yang ada di boneka anda. Dengan begitu bulu bulu yang ada di boneka kesayangan anda tidak mudah kusut dan menggumpal.

6. Menggunakan Detergen yang Lembut
Dengan anda menggunakan detergen yang biasa, maka bulu bulu pada boneka mudah rontok dan rusak, karena itu anda harus menggunakan detergen yang gentle atau yang lembut. Biasanya dapat ditemukan pada detergen bayi atau yang sejenisnya.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.


Open chat
Hi, saya Admin Bonikka Dolls, Ada yang bisa dibantu?